Pages


Jumat, 19 Oktober 2012

Badai Matahari

1. Pengertian badai matahari : peristiwa yang berkaitan langsung dengan atmosfer dan korona matahari
2. Hal2 yang menyebabkan trjadinya badai matahari :

1. Solas Flare : terjadinya ledakan di matahari akibat terbukanya salah satu kumparan medan magnet permukaan matahari. Ledakan ini melepaskan partikel berenergi tinggi dan radiasi elektro magnetik. Pada panjang gelombang sinar x dan sinar gamma. Partikel yang berenergi tinggi yang dilepaskan oleh solar flare jika mengarah ke bumi akan mencapai bumi dlam waktu 1-2 hari. Sedangkan radiasi elektromagnetik jika mengarah ke bumi akan sampai dlam wktu 8 menit.

2. CME (corona massa ejection)
Pelepasan material dari korona yang teramati sebagai letupan yg menyembur dari permukaan matahari dalam semburan material korona sekita lebih dari 2000 kg material dilontarkan dengan energy yg luar biasa hebatnya. Material ini dilontarkan dengan kecepatan 20 km/s.
Jenis Gerhana MAtahari 
 GMT : Piringan matahari ditutupi oleh piringan bulan
 GMS : Terjadi apabila piringan bulan menutupi sebagian dari piringan matahari sehingga pada bagian ini piringan matahari hanya sebagain yg tertutupi
 GMC : piringan bulan hanya sebagian dari piringan matahari dan terjadi apabila ukuran piringan bulan lebih kecil dari piringan matahari sehingga ketika piringan bulan didepan piringan matahari dan ketika piringan matahari hanya terlihat seperti cincin yg bercahaya.

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Label