Pages


Rabu, 08 Agustus 2012

Saksi: Ikon Samsung-Apple Mirip Bukan Kebetulan


TEMPO.CO, California - Kemiripan desain sejumlah bagian dari telepon pintar produksi Samsung dengan Apple bukanlah kebetulan semata. Ini disampaikan seorang ahli desain grafis, Susan Kare, pada sidang lanjutan pelanggaran hak paten antara Apple melawan Samsung di pengadilan California, yang bergulir sejak pekan lalu.
Dalam kesaksiannya, Kare, yang pernah mendesain ikon dari generasi pertama Macintosh, mengatakan desain ikon dari sebelas telepon cerdas Samsung memiliki kemiripan substansial dengan iPhone. Kemiripan ini terlihat hingga, misalnya, pada foto natural bunga matahari yang muncul pada ikon kamera di iPhone.
"Menurut pendapat saya, kemiripan grafis ini menimbulkan kesan visual menyeluruh yang bisa membingungkan para konsumen," kata Kare, yang dituduh pengacara Samsung sebagai saksi bayaran untuk menguntungkan Apple.
Kare mengatakan, kemiripan ini sempat membuatnya bingung meskipun dia terbilang ahli dalam membedakan grafis. Ini terjadi ketika dia hendak mengambil ponsel iPhone untuk membahas desain grafisnya dalam sebuah kesempatan. Ternyata, ponsel yang diambilnya adalah salah satu produk Samsung. "Ini saya saja bisa dibuat bingung karena kemiripan ini."
Dalam menjawab pertanyaan pengacara Samsung, Kare mengakui bahwa beberapa ikon di iPhone memang bersifat universal. Namun, dia menegaskan, kemiripan yang terlalu banyak antara ikon pada iPhone dan Samsung menunjukkan bahwa manufaktur asal Korea Selatan itu menjadikan ikon milik Apple sebagai panduan saat merancang ikonnya sendiri.
ALLTHINGSD | BUDI RIZA

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Label